IPSI - Ikatan Pencak Silat Indonesia


Pencak silat merupakan pusaka leluhur dan bagian yang tidak terpisahkan dari kekuatan kehidupan bangsa Indonesia, yang di dalamnya memiliki aspek mental spiritual, beladiri, seni, dan olahraga.

Pencak silat telah menjadi bagian budaya bangsa dan sebagai bagian integral dari ketahanan nasional Indonesia.

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan melalui upaya-upaya yang terencana, tertata, dan berkelanjutan, maka telah menjadi konsensus nasional pembentukan wadah organisasi pencak silat Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia atau disingkat IPSI yang didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

Organisasi IPSI dibentuk secara bertingkat. Di tingkat pusat disebut IPSI Pusat yang berkedudukan di ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia. IPSI Pusat membawahi IPSI Provinsi di seluruh Indonesia, sedangkan IPSI Provinsi membawahi semua IPSI Kabupaten / Kota di wilayah kerjanya.

Keanggotaan IPSI adalah perguruan pencak silat yang terdiri dari anggota khusus dan anggota biasa. Anggota Khusus IPSI adalah keanggotaan yang dimiliki secara otomatis oleh Perguruan Historis Pencak Silat yang ditinjau dari sejarah perkembangan IPSI mempunyai kedudukan khusus dan hanya berlaku di tingkat pusat.

Saat ini terdapat 16 perguruan pencak silat yang terdaftar sebagai anggota IPSI Pusat, yaitu :

10 Anggota Khusus (Perguruan Historis Pencak Silat) :
- Persaudaraan Setia Hati
- Persaudaraan Setia Hati Terate
- Kelatnas Indonesia Perisai Diri
- PSN Perisai Putih
- Tapak Suci Putera Muhammadiyah
- Phashadja Mataram
- Perpi Harimurti
- Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)
- PPS Putra Betawi
- KPS Nusantara

6 Anggota Biasa :
- PPS Betako Merpati Putih
- PPS Satria Muda Indonesia
- Persinas Asad
- PSTD Indonesia
- LPI Tetada Kalimasada
- PSNU Pagar Nusa

Post a Comment

0 Comments