Riwayat Hidup Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani


Riwayat HIdup
Biografi Ibnu Hajar Al-Asqalani

Nama lengkapnya ialah Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Ahmad bin Al-Asqalani Al-Mishri Asy-Syafi’i. Lahir di Mesir tanggal 23 Sya’ban 773 H. Ayahnya meninggal waktu beliau masih anak-anak. Dimasukkan ke sekolah husus baca tulis dan menghafal al-Qur’an pada usia lima tahun di Al-Kuttab dan khatam al-Qur’an pada usia sembilan tahun.

Kemudian berangkat haji pada akhir tahun 784 H dan menetap di Makkah di tahun berikutnya. Afifuddin An-Naisaburi dan Al-Makki mengajarkannya Shahih Al-Bukhari. Beliau adalah guru pertamanya yang memberikan pengajaran hadits. Pada tahun tersebut pula beliau shalat tarawih di Masjidil Haram untuk yang pertama kalinya.

Kemudia beliau belajar Shahih Al-Bukhari pada tahun 786 H di Mesir kepada Syeikh Abdurrahim bin Razin. Pada tahun 802 H beliau memgembara ke Damaskus lalu menemui sebagian sahabat Al-Qasim bin Asakir dan ulama-ulama besar lainnya. Beliau belajar fiqih dengan Sirajuddin dan As-Siraj bin Al-Malqan di Al-Balqaini.

Karya ilmiahnya mencapai 150 buah dan sebagian besarnya merupakan kitab –kitab induk diantaranya Fathul Bari dan Bulugh Al-Maram Min Adillati Al-Ahkam.


Post a Comment

0 Comments