Contoh Analisis STEM
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/2
Kompetensi Dasar (KD) :
KD 3
KD 4
Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan memperhatikan fakta dan kebahasaan.
Topik : Menulis artikel di koran
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
IPK KD 3
IPK KD 4
Mengidentifikasi masalah, fakta dan opini sebuah artikel dan atau buku ilmiah
Mengidentifikasi unsur kebahasaan artikel dan atau buku ilmiah
Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa dalam artikel.
Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun.
Analisis STEM :
Sains
Fakta dan opini dalam artikel
Unsur kebahasaan artikel
Teknik berargumen dalam artikel
Teknologi
Komputer/Laptop
Internet (misal : google, youtube) untuk mencari isu aktual
Enjiniring
Merancang artikel dengan memperhatikan fakta dan kebahasaan
Matematika
Pola artikel di koran: topik menarik, jumlah karakter, gaya selingkung
Rancangan Kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan 1
No
Tahap
Kegiatan
1
Pendahuluan
( 10 Menit)
Guru mengucapkan salam dan doa bersama
Menanyakan konsep artikel termasuk fakta, opini, teknik berargumen, dan unsur kebahasaan yang telah dipelajari sebelumnya
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran terkait topik yang dipelajari
2
Inti
( 70 Menit )
Fase 1:
Reflection (Emphatise & Define)
Melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan tentang artikel di koran.
Peserta didik diminta mengamati berbagai artikel di koran.
Guru mengajukan pertanyaan:
- Bagaimana cara menentukan masalah yang ditanggapi dalam artikel yang Anda baca?
- Bagaimana menemukan fakta dan opini dalam artikel yang Anda baca?
- Bagaimana cara penyampaian argumen dan penggunaan bahasa dalam artikel yang Anda baca?
Fase 2:
Research (Ideate)
Peserta didik diminta berdiskusi dan menentukan masalah terutama dikaitkan dengan konsep yang sedang dipelajari yaitu fakta dan opini
Peserta didik mempelajari berbagai infomasi tentang fakta dan opini dalam artikel dari berbagai sumber
Peserta didik diharapkan menanya, contoh pertanyaan ” Mengapa dalam artikel harus ada fakta dan opini? Apakah fakta-fakta dapat dijadikan argumen dalam menulis artikel?
Peserta didik mencari informasi dan berdiskusi tentang teknik menulis artikel: fakta yang seperti apa yang dapat digunakan, opini dari siapa yang dapat menguatkan argumen, bagaimana memilih kata atau istilah yang unik dan menarik, bagaimana pola penyampaian argumen yang menarik, bagaimana menggabungkan beberapa argumen menjadi artikel yang menarik di koran?
Presentasi hasil diskusi dan penyamaan persepsi tentang kriteria artikel yang layak dimuat di koran baik dari segi isi maupun kebahasaan.
Fase 3:
Discovery (Ideate & Prototype)
Peserta didik merancang tips menulis artikel di koran berdasarkan kriteria artikel yang layak muat baik dari segi isi maupun kebahasaan. Dalam setiap kelompok sangat mungkin rancangan tipsnya berbeda-beda.
Presentasi rancangan tips menulis artikel di koran dan mendapat umpan balik.
3
Penutup
( 10 Menit)
Peserta didik menyepakati rancangan tips menulis artikel di koran yang akan diuji coba.
Peserta didik diberi tugas membuat infografis tips menulis artikel di koran
Pertemuan 2
No
Tahap
Kegiatan
1
Pendahuluan
( 10 Menit)
Apersepsi dengan memberikan pertanyaan tentang rancangan tips menulis artikel di koran.
Menanyakan laporan tugas membuat infografis tips menulis artikel di koran
2
Inti
( 70 Menit )
Fase 4:
Application (Prototype & Test)
Peserta didik menyajikan rancangan infografis tips menulis artikel di koran
Peserta didik mencoba menulis artikel berdasarkan infografis tips menulis artikel di koran :
Peserta didik mencari informasi (misal di koran atau trending topic di youtube) dan berdiskusi menentukan isu aktual apa yang akan ditanggapi dalam bentuk artikel.
Peserta didik mengumpulkan data (fakta, kasus, grafik) dan pendapat pakar yang dapat dijadikan argumen dalam artikel.
Peserta didik mengonstruksi sebuah artikel dengan memperhatikan fakta dan kebahasaan sesuai tips
Guru memonitor aktivitas yang penting dari peserta didik selama menyelesaikan penulisan artikel menggunakan rubrik yang telah disiapkan
Fase 5:
Communication (Test)
Peserta didik mempresentasikan artikel yang disusun dan menerima feedback dari teman maupun guru
Guru menilai presentasi, infografis tips, dan artikel yang telah disusun.
3
Penutup
( 10 Menit )
Pada tahap ini peserta didik menganalisis hasil kerja dan mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari melalui diskusi kelas.
- HOME
- TERUSKAJI
- _Profil
- _Aktivitas
- BLOG
- _Halaman Blog
- _Daftar Isi
- _Pendidikan
- _Kesehatan
- _Olahraga
- _Tutorial
- _Karya Sahabat
- _Toko Online
- _Label Blog
- PENDIDIKAN
- _Halaman Pendidikan
- _Pesantren
- _Madrasah
- _Sekolah
- _Perguruan Tinggi
- KESEHATAN
- _Halaman Kesehatan
- OLAHRAGA
- _Halaman Olahraga
- _Pencak Silat
- _Kejuaraan
- SAHABAT
- _Halaman Sahabat
- _Karya
- TUTORIAL
- _Halaman Tutorial
- TOKO ONLINE
- _Halaman Toko
- _Daftar Produk
- _Penawaran
- _Pemesanan
- _Promo
- _Testimonial
- _Mitra
0 Comments