STEM PAI

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : X/Ganjil
Kompetensi Dasar (KD) :
Kompetensi Dasar


Menganalisis hikmah ibadah zakat bagi individu dan masyarakat.
4.9.  Menyimulasikan ibadah zakat

Topik
Video animasi ibadah zakat


Indikator Pencapaian Kompetensi


Mengidentifikasi makna ibadah zakat
Menjelaskan ketentuan dan hukum zakat
Mendeskripsikan penerapan ketentuan berzakat
Menelaah hikmah berzakat bagi individu dan masyarakat
Menyimpulkan cara membayar zakat
Menyusun naskah role play /simulasi tentang ibadah zakat
Mensimulasikan naskah role play /simulasi tentang tata cara ibadah zakat


Analisis STEM
SAINS
Konsep hukum zakat
Ketentuan nishab zakat
Tata cara pembayaran zakat 
Menentukan fungsi zakat
Manfaat dan hikmah zakat
TEKNOLOGI
Praktik teknologi menggunakan kalkulator zakat, takaran/timbangan
Menggunakan internet untuk mencari informasi terkait nishab zakat
Menggunakan komputer untuk membuat table/ grafik/ video animasi zakat

ENGINEERING
Merancang nishab zakat menggunakan gambar/tabel
Merancang pembagian zakat
Menggambar simulasi penghitungan zakat
Merancang video animasi zakat
MATEMATIKA
Menentukan rumus nishab zakat
Menghitung zakat sesuai dengan ketentuan nishab
Menentukan nilai zakat menggunakan grafik/tabel
Kalkulasi ketentuan nishab zakat mal


Kegiatan Pembelajaran (Model Pembelajaran PjBL)
No
Tahap
Kegiatan

1.
Pendahuluan
Berdoa
games ringan, anekdot, cerita singkat, dll.Kisah Inspiratif/ hadits (literasi)
Telah menceritakan kepada saya Muhammad bin 'Abdur Rahim telah menceritakan kepada kami 'Affan bin Muslim telah menceritakan kepada kami Wuhaib dari Yahya bin Sa'id bin Hayyan dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah ra; Ada seorang Arab Badui menemui Nabi SAW lalu berkata: "Tunjukkan kepadaku suatu amal yang bila aku kerjakan akan memasukkan aku ke dalam surga". Nabi SAW bersabda: "Kamu menyembah Allah dengan tidak menyekutukanNya dengan suatu apapun, kamu mendirikan shalat yang diwajibkan, kamu tunaikan zakat yang wajib, kamu mengerjakan shaum (puasa) bulan Ramadhan. Kemudian orang Badui itu berkata: "Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, aku tidak akan menambah dari perintah-perintah ini". Ketika hendak pergi, Nabi SAW bersabda: "Siapa yang berkeinginan melihat laki-laki penghuni surga, maka hendaklah dia melihat orang ini". Telah menceritakan kepada kami Musaddad dari Yahya dari Abu Hayyan berkata, telah mengabarkan kepada saya Abu Zur'ah dari Nabi SAW sepeti hadits ini. (HR. al-Bukhari: 1310).
Mengabsen
Memberikan motivasi
Misalnya:  Zakat adalah ibadah yang memiliki dua dimensi, yaitu vertikal dan horizontal. Zakat merupakan ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah (hablu minallah; vertikal) dan sebagai kewajiban kepada sesama manusia (hablu minannaas; horizontal). Dalam bidang moral, zakat mengikis ketamakan dan keserakahan hati si kaya. Sedangkan, dalam bidang sosial, zakat berfungsi untuk menghapuskan kemiskinan dari masyarakat. Dan di bidang ekonomi, zakat mencegah penumpukan kekayaan di tangan sebagian kecil manusia.
Mengajukan beberapa pertanyaan sesuai indikator pelajaran terdahulu.
Bagaimana hikmah pelaksanaan ibadah haji bagi individu dan masyarakat?
Bila ibadah haji memiliki hubungan langsung dengan Allah. Zakat tidak saja memiliki hubungan langsung dengan Allah, tetapi juga memiliki hubungan dengan manusia. Mengapa demikian?
Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
“Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah:
Menganalisis hikmah ibadah zakat bagi individu dan masyarakat dengan tepat.
Menyimulasikan ibadah zakat dengan percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab.


2.
Inti
Fase 1
Penentuan pertanyaan/masalah mendasar.
Setelah mempelajari semua indikator dari KD 3,  maka untuk indikator dari KD 4, sebaiknya guru menyatakan perlu/pentingnya  membuat proyek.

Proyek ini perlu kalian laksanakan karena  untuk mempraktekan zakat secara konkrit. Kemudian guru mengajukan pertanyaan mendasar sesuai dengan indikator yang akan dicapai, yaitu:
Bagaimana merencanakan proyek video animasi ibadah zakat?
Bagaimana melaksanakan proyek video animasi ibadah zakat?
Bagaimana mempresentasikan proyek video animasi ibadah zakat?
Bagaimana membuat laporan proyek video animasi ibadah zakat?

Fase 2
Merancang perencanaan proyek
Guru memberikan penjelasan/aturan main/ menentukan tugas berkaitan perencanaan  proyek video animasi ibadah zakat:
Guru menjelaskan waktu pengerjaan, jenis dan kriteria penilaian, cara pengerjaan, waktu pengerjaan

Fase 3 Membuat jadwal kegiatan
Perencanaan proyek
Pelaksanaan proyek
Menyempurnakan bagian-bagian tertentu hasil/produk
Menyempurnakan naskah video animasi ibadah zakat
Menyempurnakan video animasi ibadah zakat.
Menyepakati hasil/produk.

Fase 4 Memonitoring
Memonitoring perencanaan proyek
Memonitoring pelaksanaan proyek

Fase 5 Menguji Hasil
Menyajikan (naskah/video) hasil proyek
Mempresentasikan (video animasi) hasil proyek
Mendemonstrasikan (role play/simulasi) hasil proyek

Fase 6 Evaluasi Hasil
Evaluasi perencanaan
Evaluasi pelaksanaan


3.
Penutup
Refleksi (mengungkapkan manfaat langsung dari hasil pembelajaran);
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama yang baik
Penugasan; Memperbaiki laporan hasil proyek tentang video animasi ibadah zakat.
Informasi pertemuan yang akan datang, agar mempelajari materi tentang ″pengelolaan wakaf″.
Pengayaan: memberikan tugas:
Mencari informasi tentang pelaksanaan/ praktik pengelolaan zakat, infak dan sedekah melalui BAZIS, Basnas/Basda, LAZ.
Membuat hasil laporan.

Post a Comment

0 Comments